Saturday, March 28, 2015

Pilihan Investasi Tanah VS Emas

Pada prinsipnya, segala macam investasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Lantas pertimbangan apakah yang menentukan pemilihan investasi di suatu waktu ? mari kita bahas ! Jangan salah mengambil keputusan, karena, gagal merencanakan sama artinya merencanakan kegagalan, Right ?

sumber : danaemas.com
Investasi Tanah

Hal pertama yang harus dipertimbangkan dalam investasi tanah adalah LEGALITAS !! catat sekali lagi, LEGALITAS !! aspek legalitas tanah tersebut haruslah free, clean, dan clear. Free artinya bebas sengketa, dimana nama pemilik sesuai dengan yang tertera di sertifikat tanah. Clean, artinya tanah tersebut tidak sedang digunakan untuk kegiatan ekonomi lain atau ditempati oleh orang lain yang tidak berhak. Sementara clearartinya ukuran tanah tersebut tepat, seperti yang tertera di sertifikat, serta cocok batas-batasnya.



Keuntungan dari investasi jenis tanah adalah tidak membutuhkan banyak perawatan. Yang kedua, capital gain yang didapat berada dalam rentang > 5 tahun. Tetapi untuk beberapa kasus, di tempat yang sangat-sangat strategis, capital gain sudah dapat langsung didapat hanya dalam hitungan bulan. Bahkan menurut para pakar investasi, kunci dari membeli tanah ada 3 macam, yaitu : LOKASI, LOKASI, dan LOKASI. Jadi inti dari investasi tanah adalah lokasi. Lantas dimana kita tahu lokasi tersebut akan berkembang sesuai dengan peruntukan ? Gampang, Bro ! cek saja atau cari informasi ke bagian Pemerintah urusan Tata Kota, atau ke Badan Perencanaan Daerah.

Properti yang memiliki return dan capital gain yang tinggi sebaiknya jangan dijual dalam waktu singkat. Jika ini Anda lakukan, maka sama saja Anda menyembelih angsa yang bertelur emas. Sebaliknya tunggu dulu hingga harganya naik signifikan. Biasanya, kenaikan nilai properti akan sangat terasa setelah lima tahun.


Ketiga, nilai tambah (added value) bisa diperoleh ketika lahan tersebut dikembangkan. Belakangan banyak ditemukan pengembangan perumahan dalam skala kecil yang dikemas dalam bentuk cluster. Jika lahan tergolong strategis, bisa juga kavling tersebut dijadikan ruko.

Kerugian dari investasi jenis tanah terletak pada sisi likuiditas. Tanah tidak akan cepat bisa dijual sebagaimana emas, ataupun surat berharga. Nilai/ harga yang besar tentu saja menjadi pertimbangan pembeli sebelum memutuskan membeli suatu tanah.

Investasi Emas

Emas adalah penjaga kekayaan. Emas mampu bertahan melawan gerusan inflasi. Setidaknya begitulah sejarah membuktikan selama ribuan tahun. 

Keuntungan Emas :

  1. lebih mudah dicairkan, dijual, atau digadaikan. Mampu memenuhi kebutuhan mendesak seperti biaya pendidikan, membayar rumah sakit, membeli rumah. Lokasi penjualan bisa ke toko emas, pegadaian, bank-bank atau orang yang sedang membutuhkan emas.
  2. Harga emas cenderung stabil. Dan lagi, emas adalah alat yang dapat digunakan untuk menangkal inflasi yang kerap terjadi setiap tahunnya. 
  3. Dengan memiliki emas, Anda bisa mengubahnya menjadi modal usaha. Emas yang Anda miliki jangan langsung dijual dan ditukar menjadi uang, tetapi digadaikan.
  4. Memiliki emas sama sekali minim risiko termasuk bebas biaya pajak. Hal ini berdasar pada peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor 15/Pj/2011 Tentang Perubahan Atas Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor Per-57/Pj/2010, Tentang Tata Cara Dan Prosedur Pemungutan Pajak Penghasilan Pasal 22 Sehubungan Dengan Pembayaran Atas Penyerahan Barang Dan Kegiatan Di Bidang Impor Atau Kegiatan Usaha Di Bidang Lain. Bagi setiap pemilik emas batangan seberapa pun berat dan banyaknya tidak akan dikenakan pajak, karena emas merupakan komoditi produksi.
  5. Investasi emas juga sangat menguntungkan karena tidak mudah rusak, sangat tahan terhadap korosi atau pengaratan.  

Kerugian :

1. Bisa dengan mudah hilang kalo ceroboh dan pikun. Bisa juga digondol orang, Bro.

Tips : Jangan membeli emas di saat dollar menguat terhadap nilai tukar rupiah, atau, membeli di sebuah toko/ pegadaian yang memberi syarat garansi dengan membebani nilai rupiah tertentu, termasuk ongkos kirim. Jatuhnya cukup mahal. Bisa disiasati dengan membeli logam emas lantakan, atau, membeli logam mulia langsung di gerai emas ANTAM.





1 comment:

  1. Sekarang Sudah Saatnya Untuk Tidak Bermain Judi
    Kini Telah Hadir Vines Online Investment Perusahaan Investasi Online Teraman Dan Terpercaya Di Indonesia . Vines adalah Perusahaan Terbesar Online Invest Yang Berbasis Investasi Jangka Panjang Dan Investasi Online Terbaik Sepanjang Masa, Ayo Segera Bergabung Dan Dapatkan Keuntungan Tiap Bulan Nya Hanya Dengan 5-10 Menit / Hari ,

    Berikut Rincian Modal Dan Perndapatan / Bulan
    - Modal 315.000,- Keuntungan / bulan 150.000,-
    - Modal 630.000,- Keuntungan / bulan 300.000,-
    - Modal 945.000,- Keuntungan / bulan 450.000,-
    - Modal 3.150.000,- Keuntungan / bulan 1.500.000,-

    Contak Person
    Whatsapp :http://bit.ly/VinesOnlineInvestmen
    Telegram :@vinesonlieinvestment

    ReplyDelete